Top Ad unit 728 × 90

Best

Benarkah Ikan Tidak Pernah Tidur?

Kalian Pasti tahu dong, dengan ikan ayam, ikan daging, ikan tahu sampai… ehem ehem... Ikang Fawzi??? siapa lagi kalu bukan ikang fawzi yang suka nyanyi lagu (lagu start) PREMAN. ok ok ok stop (lagu stop). sayangnya bukan ikang fawzi yang akan kita bahas, tapi... ikan (fish) yah ikan yang menurut wikipedia didefinisikan sebagai anggota vertebrata berdarah dingin (poikilotermik) yang hidup di air dan bernapas dengan insang.

tentu saja spesies ikan banyak kita temui mulai dari dalam kaleng sarden yang ada di minimarket dekat rumah kita, di dalam kulkas, sampai yang ada di piring makanan saat kita sarapan. mulai dari yang kecil sampai yang besar. yang lucu sampai yang seram. dimana mereka biasa berenang kesana kemari sesuka hati.

ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. namun... banyak juga orang yang salah persepsi tentang ikan dimana banyak orang menggolongkan ikan paus dan lumba-lumba sebagai ikan padahal sebenarnya ikan paus dan lumba-lumba tidak tergolong sebagai ikan, akan tetapi mereka termasuk mamalia yang di hidup di laut (Ordo Cetacea).

coba kalian lihat ikan yang ada disekitar kalian, tentu saja ikan akan terus berenang, berenang dan berenang. kesana kemari dan kelihatannya tidak pernah capek untuk berenang dan tidak pernah tidur. sepertinya mahluk kuat sekelas hulk pun tidak akan sanggup jika melawan ikan untuk urusan tidak tidur. WAW LUAR BIASA. Benarkah Ikan Tidak Capek dan Tidak Perlu Tidur?

sebenarnya ikan itu sama halnya dengan Ikang Fawzi yang bisa capek habis nyanyi lagu PREMAN, ikan juga merasakan capek jika energi yang mereka konsumsi sudah habis. jadi pada intinya ikan juga merasa capek dan butuh istirahat, tapi disinilah letak perbedaannya, cara beristirahat ikan yang capek tidak sama dengan kita spesies manusia atau bahkan Ikang Fawzi.

seperti kata Stephan G. Reebs dalam bukunya “Sleep in fishes” yang terbit tanggal 24 July 2014. menyatakan bahwa, ikan istirahat atau tidur kapan saja, siang, malam, subuh, atau bahkan ketika ikang fawzi sedang melihatnya. ditambah lagi, ikan tidur dengan mata terbuka karena tidak mempunyai kelopak mata. sampai-sampai kita tidak menyadari bahwa ikan yang kita lihat itu sedang tidur.

yah.. tentu saja kita tidak sadar bahwa ikan yang kita lihat itu sedang tidur, karena ikan tidur dengan mata terbuka. selain itu mereka juga tidur dengan kesadaran penuh namun seperti dalam mode auto pilot.

jadi ketika ikan dalam mode auto pilot, maka ikan akan terus bergerak ketika mereka sedang tidur, karena dengan itu aliran air akan tetap bergerak melewati insang mereka dengan konstan, sehingga mereka dapat mempertahankan keseimbangan oksigen dalam tubuh mereka. waw sangat sangat LUCU

dan... tambahan dari buku yang berjudul “Sleep in a schooling fish, Tilapia mossambica, Physiology and Behavior” dari Shapiro, C.M., dan Hepburn, H.R. menuliskan bahwa, sebagaian ikan tidur dengan cara mendekatkan diri pada karang atau tumbuhan laut lainnya, agar mereka tidak mudah terdeteksi oleh pemangsa.

dengan ini kita jadi tahu bahwa tidak hanya enak untuk dimanakan, tapi ikan juga mahluk hidup unik yang sangat berbeda pola hidupnya dengan ikang fawzi sebagai manusia, dimana ikan tidur dengan mata terbuka, tetap bergerak dan mendekatkan diri pada karang, sedangkan ikang fawzi sebagai manusia tidur dengan mata tertutup, sedikit bergerak dan mendekatkan diri pada istrinya (Marissa Haque).

setiap mahluk hidup memang mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, jika ikang fawzi akan kalah dalam urusan tidur dibanding dengan ikan, maka ikan tentu saja tidak akan pernah bisa nyanyi lagu PREMAN.

itu saja untuk hari ini and till next time.

Source :
Bailey, M; Burgess, P. Tropical Fishlopedia. Howell Books, New York, NY; 2000.
Alderton, D. The Complete Guide to Tropical Aquarium Fish Care Howell Books, New York, NY; 1998.
Shapiro, C.M., and Hepburn, H.R. (1976) Sleep in a schooling fish, Tilapia mossambica, Physiology and Behavior 16:613–615
Reebs, S.G. (2008-2014) Sleep in fishes. Retrieved 24 July 2014
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan
https://id.wikipedia.org/wiki/Lumba-lumba
https://id.wikipedia.org/wiki/Mamalia_laut
Article (PDF Available) in Neuroscience & Biobehavioral Reviews 8(3):269-300 · February 1984
https://id.wikipedia.org/wiki/Cetacea
https://www.factmonster.com/science/animals/estimated-number-animal-and-plant-species-earth

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.