Top Ad unit 728 × 90

Best

Mengapa Napas Bisa Berbau Menyengat Saat Bangun Tidur?

saat baru bangun tidur di pagi yang cerah, udara yang segar, pernahkah kalian mencium aroma bau yang sangat menyengat tak sedap ketika menguap ataupun berbicara?... yap... sungguh membuat pusing kepala tujuh keliling.

aroma tak sedap yang dikeluarkan juga sangat bervariasi, jika digolongkan mungkin aroma tak sedap itu bisa seperti adaverina (bau mayat), hidrogen sulfida (bau telur busuk), asam isovaleric (bau kaki), methylmercaptan (bau tinja), putresin (bau daging busuk) dan trimetilamina (bau ikan).

lalu pertanyaannya... kenapa napas kita saat baru bangun tidur bisa sangat berbau menyengat?

sebenarnya asal kalian tahu, dalang dari semua yang menyebabkan bau mulut saat bangun tidur adalah... bakteri. yah...mahluk kecil mungil yang tidak kelihatan oleh kita.

pada saat kalian sedang tertidur lelap dimalam hari, saat itulah bakteri mulai menjalankan misi rahasianya untuk berkembang biak dengan menggerogoti sisa-sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi kita.

proses pemecahan protein sisa-sisa makanan dalam mulut inilah yang menghasilkan bau tidak sedap, karena mengandung gas sulfur dan akhirnya membuat napas menjadi bau. ditambah lagi ketika tidur mulut kita cenderung tertutup rapat, sehingga tidak ada ventilasi udara keluar dan masuk untuk melepaskan senyawa kimia berbau itu.

tapi.. sebenarnya disiang haripun bakteri juga sedang melakukan misi rahasianya, namun karena pada saat siang hari mulut kalian sedang aktif seperti... makan,,, minum,,, dan mengunyah.

kelenjarpun memproduksi air liur sepanjang hari dan kemudian kamu menelan makanan, minuman dan air liur tersebut. dengan itu bakteri tidak punya banyak waktu untuk melakukan misi rahasia sehingga menghambat pertubuhannya.

Selain masalah bakteri, faktor lain yang menyebabkan mulut kita bau ketika bangun tidur adalah, disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi mulai pagi sampai ketika akan beranjak tidur. Beberapa makanan memiliki peran dalam menciptakan bau tak sedap selama manusia tidur yang disebut "Saliva". terimakasih google!

terlepas dari semua itu sebenarnya bau tidaknya napas tergantung dari gaya hidup kalian, apakah kalian bergaya hidup sehat seperti menggosok gigi sebelum tidur atau malah ngemil lalu tidur tanpa membersihkan mulut kalian yang akhirnya membuat para bakteri merdeka.

itu saja untuk hari ini karena mulut saya sepertinya sudah mengeluarkan bau tidak sedap. and till next time.

Source : 

https://sains.me/2016/01/11/penyebab-napasmu-berbau-menyengat-saat-bangun-tidur/
http://health.liputan6.com/read/2626225/kenapa-napas-lebih-bau-saat-bangun-tidur
https://www.merdeka.com/teknologi/inilah-penyebab-mulut-manusia-bau-ketika-bangun-tidur.html
http://doktersehat.com/penyebab-napas-tetap-bau-saat-bangun-tidur-walaupun-sudah-sikat-gigi/
http://doktersehat.com/bau-mulut-setelah-bangun-tidur/
https://health.detik.com/read/2010/12/03/084458/1508131/766/penyebab-napas-bangun-tidur-selalu-bau

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.