Top Ad unit 728 × 90

Best

Kenapa Kita Sering Malas dan Tidak Semangat Dalam Belajar?


Sering nggak sih? kita sudah semangat mau belajar tapi malah langsung terserang rasa bosan dan rasa kantuk? setelah itu kita cari pelampiasan buat seneng-seneng seperti nge-game, nonton film dan banyak lainnya. kenapa kita sering malas dan tidak semangat dalam belajar? apa penyebabnya?

jawabannya ada di hormon endorphin dalam otak kita. jika kadar hormon endorphin dalam otak kita rendah maka itu akan membuat kita nggak semangat untuk belajar.

lalu mahluk seperti apa itu hormon endorphin?

hormon endorphin adalah bahan kimia alami yang dihasilkan otak pada saat kita sedang melakukan olahraga. hormon ini dapat membuat kita bersemangat dalam melakukan sesuatu.

sayangnya belajar sambil berolahraga supaya kita semangat adalah hal yang sangat sulit dilakukan. karena kita harus fokus ke salah satu aktifitas yang sedang kita kerjakan.

hal itu yang menjadikan guru TK mengakali muridnya dengan cara belajar sambil bermain. mungkin... khusus orang dewasa bisa diakali dengan cara belajar sambil dikejar begal motor. hhhmmmmmmmmm, hal itu pasti membuatnya sangat semangat dalam belajar.

Penelitian yang dilakukan di North Western University membuktikan bahwa ketika seseorang sedang mempelajari sesuatu yang baru. otak akan menghadiahi dirinya dengan menghasilkan hormon endorphin.

hal ini yang diyakini menyebabkan mengapa hal-hal baru cenderung lebih disukai, lebih mudah di ingat dan diulang kembali.

pada intinya hormon endorphin membantu kita dalam proses belajar. seperti mengingat sesuatu, menghitung dengan cepat, itu semua akan mudah dilakukan jika dalam otak terdapat cukup banyak hormon endorphin.

dan sepertinya cukup banyak juga hormon endorphin yang saya keluarkan untuk bicara tentang hormon endorphin ini, dan sekarang hormon endorphin dalam otak saya sepertinya sudah mau habis.

itu saja untuk hari ini and till next time.

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.